Selasa, 04 Januari 2011

Kalimat Ilmiah, Semi Ilmiah dan Non-Ilmiah

Kalimat Ilmiah
Kalimat ilmiah adalah tulisan yang disusun secara sistematis dan logis. Bahasa tulis ilmiah merupakan perpaduan ragam bahasa tulis dan ragam bahasa ilmiah. Kalimat ilmiah biasa digunakan pada laporan, makalah, tesis, disertasi. Contoh :
• Siklus SDM/Penggajian adalah aktivitas bisnis yang berulang dan operasi pemrosesan data yang terkait dengan manajemen yang efektif atas tenaga kerja.
• Fungsi penggajian hanya menangani kompensasi, sedangkan lainnya dilakukan oleh fungsi manajemen SDM.

Kalimat Semi Ilmiah
Kalimat semi ilmiah merupakan kalimat yang membentukan katanya tidak terlalu formal, tidak terlalu mengikuti metode ilmiah, tetapi tetap konsisten terhadap struktur kalimat yang lengkap dan obyektif atas tulisan tersebut. Kalimat semi ilmiah biasanya digunakan pada artikel, editorial, reportase. Contoh :
• Membuang sampah sembarangan adalah kejahatan serius di kota Singapura. Jika sampai diketahui oleh aparat, pelaku akan didenda sebanyak $ 1.000 dan harus menyapu jalanan seharian.
• Kandungan fitonutrien dari buah strawberry kaya akan fenol, kandungan fenol yang terdiri dari anthocyanin dan ellagitanin tidak hanya menyebabkan strawberry menjadi berwarna merah tapi juga kaya akan antioksidan sehingga baik untuk jantung, anti kanker sekaligus anti radang.

Kalimat Non-Ilmiah
Kalimat Non-ilmiah merupakan kalimat yang tidak formal, dari bentuk bahasa, kosa kata, ataupun struktur, tetapi harus tetap memiliki alur yang jelas dalam penulisan. Tidak memiliki unsur semetodis atau sesistematis seperti layaknya kalimat ilmiah atau semi ilmiah. Kalimat non ilmiah biasa digunakan pada dongeng, hikayat, cerpen, novel. Contoh :
• Bukan cuma Indonesia lho yang pusing ngurusin masalah sampah yang kian numpuk!
• Sebagai salah satu pusat shopping, Hongkong menghasilkan sampah yang banyak banget

0 comments:

Posting Komentar